Buscar

Páginas

Anjing Seharga 13 Miliar Rupiah


istimewa 
Seekor anjing peranakan Tibetan Mastiff menjadi anjing termahal setelah tejual dengan harga 10 Miliar Yuan atau setara dengan 13 miliar rupiah. Anjing yang berusia 11 bulan ini dibeli oleh seorang raja tambang yang berasal dari wilayah Timur China.
Wajar saja jika anjing yang sering disebut sebagai reinkarnasi dari orang suci  ini dihargai semahal itu. Sebab, memiliki anjing Tibetan sama saja menunjukkan kelas sosial layaknya orang yang memiliki perhiasan atau mobil mewah. Bahkan dalam kepercayaan masyarakat setempat, anjing ini bisa memberikan kesehatan, kesejahteraan, dan penjagaan bagi pemiliknya.
Anjing yang disebut dengan "Hong Dong" atau "Do-khyi" yang diartikan sebagai "Penjaga Rumah" atau "Penjaga Pintu". Dalam bahasa Tibet disebut dengan "Bhote Kukur" sementara dalam bahasa Mongol di[anggil dengan 'Bankhar".
Konon kabarnya, anjing jenis ini telah menemani beberapa tokoh legendaris terkenal di dunia. Salah satunya adalah Marco Polo yang membawa sang anjing dalam perjalanannya menyusuri lautan. Atau di awal abad ke-19 dimana Raja King George IV juga memiliki anjing Tibetan Mastiff yang menjadi penghuni istana dan dipertontonkan ke publik pada acara Crystal Palace di tahun 1906. Bahkan ada rumor yang menyatakan penakluk Genghis Khan membawa 30 ribu anjing jenis ini dalam pasukannya ketiak menaklukkan eropa barat.
Si penjual anjing ini merasa bersyukur bahwa anjingnya memiliki tuan yang baru; seorang tuan yang milioner. "Ia (sang anjing) merupakan spesimen yang sempurna dan harga yang disematkan untuk anjing 11 bulan ini sangat pantas," kata Lu Liang, "kami telah menghabiskan banyak uang untuk membesarkan anjing ini dan juga banyak uang yang dikeluarkan untuk membayar gaji staf yang memeliharanya."
Sementara bagi James Pally yang memiliki enam ekor peranakan Tibetan Mastiff, mengatakan bahwa anjing jenis ini adalah anjing yang sangat pintar. "Mereka pintar sekali dan mereka bisa merasakan dengan cepat jika terjadi sesuatu yang berbahaya di sekitar mereka," kata pria dari Pantymwyn, Wales Barat.
Anjing ini, sambungnya, juga ramah untuk dipelihara di tengah-tengah keluarga.  "Tapi jangan sekali-kali luput memberikan perhatian kepada mereka, bisa-bisa keenam anjing itu duduk di depan TV," katanya.